Friday 20 September 2013

PENGERTIAN PSIKOLOGI SOSIAL



PENGERTIAN PSIKOLOGI SOSIAL
“Psikologi” berasal dari kata Yunani “Psyche”  yang artinya jiwa, dan “Logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latarbelakangnya.
Seperti halnya dengan psikologi, maka psikologi social juga merupakan suatu ilmu pengetahuan baru, dalam arti baru saja timbul di dalam abad modern, ilmu ini mulai di rintis pada tahun 1930 di Amerika Serikat, dan kemudian juga di Negara-Negara lain.
Psikologi social merupakan perkembangan ilmu pengetahuan yang baru, dan merupakan cabang dan ilmu psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi social, seperti situasi kelompok, situasi massa dan lain sebagainya, termasuk di dalamnya interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya.
Dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat kita misalnya, umum sudah memahami bahwa dua individu yang saling berkenalan atau dua sahabat lama yang saling bertemu akan berjabat tangan. Pola interaksi ini berjalan lancer karena memiliki kesamaan dan penapsiran. Dan pola interaksi ini akan menjadi lain bila mereka itu berasal dari lingkunan masyarakat yang tidak mengenal jabat tangan sebagai symbol perkenalan atau keakraban.
Tingkah laku individu yang timbul dalam kontek social atau lingkungan social inilah yang akan di pelajari oleh psikologi social. Berdasarkan gambaran tersebut di kemukakan beberapa definisi peikologi social sebagai berikut:
1.    Panitia istilahPaedogogik yang tercantum dalam kamus Paedogogik: Psikologi social adalah ilmu jiwa yang mempelajari gejala-gejala psikis pada massa, Bangsa, Golongan, Masyarakat dan sebagainya. Lawannya psikologi individu.
2.    Hubert Bonner dalam bukunya Social Psychology mengatakan: Psikologi social adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku Manusia.
3.    A.M Chorus dalam bukunya Grondsiagen der sociale psychologie merumuskan psikologi social ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia sebagai anggota suatu masyarakat.
4.    Sherif & Sherif dalam bukunya An Outline of Social Psychology memberikan definisi Social psychology is the behavior of the individyals in relation to social stimulus situations. Psikologi social adalah ilmu yang mempelajari pengalaman dan tingkah laku individu manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi perangsang social.
5.    Roueck and Warren dalam bukunya Sociology mendefinisikan: Psikologi social ialah ilmu yang mempelajari segi-segi psichologis dari pada tingkah laku manusia, yang di pengaruhi oleh interaksi social.
6.    Boring, Langveld, Weld dalam bukunya Foundation of Psychology mengutarakan: Psikologi social merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari individu manusia dalam kelompoknya dan hubungan manusia dengan manusia.
7.    Kimball Young (1956): Psikologi social merupakan studi tentang proses interaksi individu manusia.
8.    Joseph E. Mc. Grath (1965): psikologi social adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki tingkah laku manusia sebagaimana di pengaruhi oleh kehadiran, keyakinan, dan lambing-lambang dari orang lain.
9.    Gordon W. Allport (1968): psikologi social merupakan ilmu pengetahuan yang berusaha mengerti dan menerangkan bagaimana pikiran, perasaan, dan tingkah laku individu dipengaruhi oleh kenyataan, imajinasi atau kehadiran orang lain.
10. W.A. Gerungan : Ilmu jiwa adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menyelidiki pengalaman dan tingkah laku individu manusia seperti  yang di pengaruhi atau yang di timbulkan oleh situasi-situasi social.
                  Pandangan para ahli ini kiranya juga tidak berbeda jauh dengan pendangan-pandangan sebelumnya. Bahkan mereka tidak saja menganggap adanya hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan kelompoknya, tetapi juga hubungan antara kelompok dengan kelompok.
                  Nyatalah kiranya bahwa tiap-tiap ahli psikologi social mempunya pandangan rumusan sendiri-sendiri. Namun demikian tidak berarti bahwa masing-masing rumusan itu bertentangan satu sama lain, tetapi semuanya saling isi mengisi dan saling melengkapi.
                  Dari rumusan-rumusan diatas tersebut dapatlah kita simpulkan secara bulat bahwa :
                  Psikologi social merupakan suatu studi ilmiah tentang pengalaman dan tingkah laku individu-individu ddalam hubungannya dengan situasi social.
                  Masalah pokok dalam psikologi social adalah pengaruh social (social influence). Pengeruh social inilah yang  akan mempengaruhi tingkah laku individu. Berdasarkan inilah maka psikologi social di definisikan sebagai: ilmu yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku individu dalam hubungannya dengan situasi perangsang social.

No comments:

Post a Comment