Sunday 15 September 2013

MINAT WIRAUSAHA DAN KARAKTERISTIK SEORANG WIRAUSAHA



MINAT WIRAUSAHA DAN KARAKTERISTIK SEORANG WIRAUSAHA
a.   Minat
Minat merupakan suatu persoalan yang objeknya tidak berwujud serta dapat menimbulkan dampak yang positif dan tidak jarang pula menimbulkan dampak yang negatif. Jadi minat dapat dikatakan erat hubungannya dengan kepribadiaan seseorang. Hal ini senada dengan pendapat Slamento (2003:180) yang mengatakan bahwa :
Suatu minat dapat diekspresikan melalui suatu pernyataan yang menunjukan bahwa siswa lebih menyukai suatu hal daripada hal lainnya, dapat pula dimanifestasikan melalui partisipasi dalam suatu aktivitas. Siswa memiliki minat terhadap  suatu  subjek  tertentu  cenderung  untuk memberikan perhatian lebih besar terhadap subjek tertentu.

Sejalan dengan pengertian di atas menurut Djaali :

Minat adalah rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal artau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh, minat pada  dassarnya  adalah  penerimaan  akan suatu  hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minatnyaa (Djaali, 2007 :121)

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa minat merupakan suatu perhatian khusus terhadap suatu hal tertentu yang tercipta dengan  penuh kemauan. Minat dapat dikatakan sebagai dorongan kuat bagi  sseseorang untuk melakukan segala sesuatu dalam mewujudkan pencapaian tujuan dan cita cita yang menjadi keinginannya.
Minat dapat dibentuk dan ditumbuhkan oleh pengaruh lingkungan sekitarnya. Hal ini menggambarkan bahwa minat dapat dapat ditumbuhkan dan dikembangkan. Minat tidak akan muncul dengan sendirinya secara tiba tiba dari melalui dalam indvidu. Minat dapat timbul pada diri seseorang melaluli proses. Dengan adanya perhatian dan interaksi dengan lingkungan, maka minat tersebut dapat berkembang. Munculnya minat ini biasanya ditandai dengan adanya dorongan, perhatian, rasa senang, kemampuan dan kecocokan / kesesuaian.
b.  Wirausaha

Wirausaha   memiliki   arti   menjalankan   usaha.   Dalam konteks manajemen pengertian wirausaha menurut Marzuki Usman yang dikutip oleh Suryana (2001:11) wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan sumber daya seperti  financial  (money),  bahan  mentah  (materials)  dan  tenaga kerja (labors), untuk menghasilkan suatu produk baru, bisnis baru, proses produksi atau pengembangan organisasi usaha”.
Menurut Prawirokusumo yang dikutip oleh Suryana (2001:6),  wirausaha  adalah  mereka  yang  melakukan  upaya  – upaya kreatif dan inovatif dengan jalan mengembangkan ide dan meramu sumber daya untuk melakukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup. Sedangkan wirausaha menurut pendapat Joseph Schumpeter yang dikutip oleh Buchari Alma :
Wirausaha adalah orang yang mendobrak sistem ekonomi yang ada dengan memperkenalkan barang dan jasa baru, dengan menciptakan bentuk organisasi baru atau mengolah bahan baku. Orang tersebut melakukan kegiatannya melalui organisasi bisnis yang baru ataupun bisa pula dilakukan dalam organisasi bisnis yang sudah ada (2009:24).

Dari  pengertian  tersebut  dapat  disimpulkan  bahwa wirausaha adalah seseorang yang memiliki kepribadian unggul dan mempunyai kemampuan untuk melihat kesempatan atau peluang – peluang bisnis dengan memanfaatkan sumber sumber yang ada dengan mengoptimalkan kemampuan sendiri guna mengambil tindakan yang tepat untuk memanfaatkan peluang usaha yang ada.
c.   Minat Berwirausaha

Setelah diketahui secara jelas tentang pengertian minat dan wirausaha maka dapat dijelaskan pula apa yang dimaksud minat berwirausaha. Minat berwirausaha merupakan suatu ketertarikan kepada diri seseorang terhadap kegiatan wirausaha dan keinginan untuk mempelajarinya lebih lanjut dengan cara memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk memanfaatkan kesempatan bisnis yang ada. Minat berwirausaha muncul karena didahului oleh suatu pengetahuan dan informasi mengenai wirausaha yang kemudian dilanjutkan pada suatu kegiatan partisipasi untuk memperoleh pengalaman, dimana akhirnya muncul keinginan untuk melakukan kegiatan tersebut.
Dapat disimpulkan bahwa minat berwirausaha adalah perasaan   menyukai   sesuatu   yang   kemudian   ia   ingin   lebih mengetahuinya dan akan membuktikannya dengan melakukan kegiatan untuk meningkatkan hasil karyanya (meningkatkan penghasilan) dan mendorong individu untuk memusatkan perhatiaannya, serta mempunyai perasaan senang dan mempunyai keinginan untuk terlibat dalam kegiatan pengambilan resiko untuk menjalankan bisnis atau usaha sendiri dengan memanfaatkan peluang peluang bisnis yang ada untuk menciptkan bisnis baru dengan pendekatan inovatif. Minat wirausaha tidaklah dimiliki begitu saja, melainkan dapat dipupuk dan dikembangkan.
d.  Karakteristik Seorang Wirausaha

Seseorang wirausaha adalah sesorang yang memiliki kepribadian unggul. Menurut para ahli yang dikutip oleh Suryana (2006:26) ciri ciri wirausaaha adalah sebagai berikut :
1)  keinginan yang kuat untuk berdiri sendiri
2)  kemauan untuk mengambil resiko
3)  kemampuan untuk belajar dari pengalaman
4)  memotivasi diari sendiri
5)  semagat untuk bersaaing
6)  orientasi pada kerja keras
7)  percaya pada diri sendiri
8)  dorongan untuk berprestasi
9)  tingkat energi yang tinggi
10) tegas
11) yakin pada kemampuan diri sendiri
12) tidak suka uluran tangan dari pemerintah atau pihak lain dari masyarakat
13) tidak  bergantung kepada alam dan berusaha menyerah kepada alam
14) kepemimpinan
15) keorisinilan
16) beeorientasi ke masa depan dan penuh gagassan

Menurut M Tohar (2000:168), karakteristik seorang wirausaha yang baik dan berhasil adalah  :
1)  memiliki tanggung jawab pribadi
2)  dinamis dan mampu memimpin
3)  mempunyai sikap optimis atas suatu peluang
4)  mampu mengantisipasi resiko
5)  ulet dan gigih bertekad penuh
6)  enerjik dan cerdas
7)  mampu melihat peluang
8)  kebutuhan untuk berprestasi
9)  kreatif dan innovative
10) mampu mempengaruhi orang lain
11) tidak bergantung kepada orang lain
12) berinisiatif untuk maju
13) bersikap positif terhadap suatu perubahan
14) terbuka atas saran dan kritik membangun
15) selalu melihat atau berorientasi ke masa depan
16) cepat dan tangkas dalam mengankap suatu pengertian

Steinhoff dan john F. Burgess  yang dikutip oleh Suryana (2006:27) mengemukakan beberapa karakteristik yang diperlukan untuk menjadi wirausaha yang sukses meliputi :
1)  memiliki visi dan tujuan usaha yang jelas
2)  bersedia menanggung resiko, waktu dan uang
3)  berencana dan berorganisir
4)  kerja keras sesuai urgensinya
5)  mengembangkan      hubungan      dengan      pelanggan, pemasok, pekerja dan lain sebagainya
6)  bertanggung jawab dengan keberhasilan dan kegagalan

Menurut BN. Marbun yang dikutip oleh Buchari Alma (2008:52),  dari  berbagai  penelitian  di  amerika  serikat,  untuk menjadi wirausaahawann, seseorang harus memiliki ciri ciri sebagai berikut :
1)  percaya diri
2)  berorientasi tugas dan hasil
3)  pengambil resiko
4)  kepemimpinan
5)  keorisinilan
6)  berorientasi pada masa depan.

Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan ciri ciri dan karakteristik wirausaha adalah memiliki kemandirian, berani mengambil resiko, memiliki semangat yang tinggi, percaya diri, berjiwa kepemimpinan, memiliki visi dan tujuan yang jelas, bertanggung jawab, optimis, memiliki kreatifitas dan inovatif, dan selalu berorientasi ke depan.
e.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha

Menurut Buchari Alma (2008:55) ada tiga faktor kritis yang berperan dalam membuka usaha baru,yaitu :
1)  Faktor Personal
a) Adanya ketidakpuasan terhadap pekerjaan yang sekarang
b) Adanya pemutusan hubungan kerja (PHK), tidak ada pekerjaan lain,
c) Dorongan karena faktor usia komitmen atau minat yang tinggi terhadap bisnis
2)  Faktor Environment
a) Adanya persaingan dalam dunia kehidupan
b) Adanya  sumber   sumber  yang  tidak  bisa dimanfaatkan, misalnya memiliki tabungan, modal, warisan,  memiliki  bangunan  yang  lokasi  strategis dan sebagainyaa
c) Mengikuti latihan latihan atau incubator. Sekarang banyak kursus kursus bisnis dan lembaga manajemen fakultas ekonomi melaksanakan pelatihan dan incubator bisnis
d) Kebijaksanaan    pemerintah    misalnya    adanya kemudahan – kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun fasilitas kredit dan bimbingan usaha yang dilakukan oleh depnaker
3)  faktor sociological
a)  adanya hubungan hubungan atau relasi  relasi dengan orang lain
b)  adanya  tim  yang  dapat  diajak  kerjasama  dalam berusaha
c)  adanya    bantuan    dari    family   dalam    berbagai kemudahan
d)  adanya  pengalaman   pengalaman  dalam  dunia bisnis sebelumnya (2009:11).
Menurut Crool Noore yang dikutip oleh Suryana (2001:63): Minat berwirausaha dipengaruhi oleh beberapa faktor baik
faktor  internal  maupun  faktor  eksternal.  Faktor  internal
yang memacu minat berwirausaha adalah pencapaian focus of control, toleransi, pengambilan resiko, nilai nilai pribadi,pendidikan, pengetahuan kewirausahaan, pengalaman, usia, komitmen dan ketidakpuasan. Faktor pemicu yang berasal dari lingkungan adalah peluang,aktivitas, pesaing, sumber daya, dan kebijakan pemerintah.

Dari pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari pencapaian focus of control, toleransi pengambilan resiko, nilai – nilai pribadi (termasuk di dalamnya jiwa kepeminpinan dan kreativitas), pendidikan, pengetahuan, kewirausahaan, pengalaman, usia, komitmen dan ketidakpuasan. Faktor eksternal terdiri dari adanya peluang, aktivitas, pesaing, sumberdaya dan kebijakan pemerintah.

No comments:

Post a Comment